Syafiyamilza: Jangan Ada Lagi Politik Identitas dan Isu SARA di Pemilu 2024

Direktur Jari PeDe Sulteng Syafiyamilza Randalemba saat memberikan sambutan pada pembukaan Diskusi Panel

Palu, Jaripedenews.com – Direktur Jaringan Pemilu dan Demokrasi (Jari PeDe) Sulawesi Tengah Syafiyamilza Randalemba mengatakan politik identitas menjadi isu klasik disetiap penyelenggaraan pemilu. Hal ini diungkapkannya dalam acara Diskusi Panel Jari PeDe dengan tema “Cerdas Menyikapi Munculnya Politik Identitas Menjelang Pemilu 2024”, di Hotel Jazz Palu, Senin (5/9).

“Tentu saja ini menjadi kerisauan kita semua karena menjadi isu klasik disetiap penyelenggaraan pemilu. Ada kemungkinan eskalasi akan meningkat disetiap pemilu karena pihak tertentu ingin menunjukkan eksistensinya”, ungkap Syafiyamilza dalam sambutannya.

Bacaan Lainnya

Menurutnya, pemahaman yang belum tuntas dan kurangnya literasi masyarakat menjadi penyebabnya.

“Ini soal toleransi dan identitas dalam ruang politik. Masyarakat kita belum sepenuhnya melek soal itu”, ucap Syafiyamilza yang juga akrab disapa Ica.

Ica menambahkan, pelaksanaan pemilu 2024 harus menjadi ajang pertarungan gagasan, ide dan pikiran, bukan malah sebaliknya. 2024 harus menjadi tahun penyelenggaraan pemilu yang Luber dan Jurdil. Sehingga demokrasi yang substansial bisa terwujud sesuai yang kita harapkan.

“Civil Society harus menjadi kekuatan dalam rangka membantu suksesi pemilu 2024. Masyarakat harus hadir dan turut serta mendorong dan ikut mengawal pelaksanaan pemilu 2024. Sehingga tidak ada lagi isu politik identitas dan isu SARA. Ini harapan kita semua”, tutup Ica.

Pos terkait