Strategi Humas Pemilu dimasa Pandemi Covid-19

  • Whatsapp

Palu, Jaripedenews.com- Humas Komisi Pemilihan Umum (KPU), diharapkan menerapkan strategi yang tepat pada masa pandemi Covid-19 dalam penyebaran informasi kepemiluan dengan memanfaatkan technologh electoral secara luas, merata, cepat dan terintegrasi.

Hal itu dikemukakan oleh anggota KPU Provinsi Sulawesi Tengah, Sahran Raden saat menjadi pemantik diskusi talkshow virtual Rumah Pintar Pemilu (RPP) TV KPU Provinsi Sulteng yang mengusung tema “Revitalisasi Kehumasan dan Distribusi Informasi Kepemiluan di Era Pandemik Covid-19”, Selasa, (9/6).

Sahran menambahkan, strategi lain yang dilakukan Humas KPU pada masa pandemi Covid-19 ini yakni, menyajikan materi secara logis dan sistematis dengan dengan mengantisipasi atau mengatasi resiko.

Selain itu, Humas KPU kata Sahran harus mampu melakukan education voter for media dengan menempatkan dirinya sebagai sumber informasi yang produktif dan mendidik atau voter education serta menjadi partner yang baik bagi penyelenggara pemilu yang menjembatani pemilih dan peserta pemilu.

Pada kesempatan itu, Sahran juga menyebutkan beberapa fungsi Humas KPU antara lain, fungsi konstruktif yakni, mendorong humas membuat aktivitas yang terencana, berkesinambungan, pro aktif dan bertindak secara preventif.

Ia melanjutkan, fungsi Humas KPU lainnya adalah fungsi korektif yakni, berperan menjadi jembatan dimasa krisis dengan publik.

“Humas harus berperan dalam mengatasi masaalah hingga selesai, bahasa lainnya humas berupaya mengobati hingga sembuh,” kata Sahran

Sahran juga berharap Humas Pemilu dapat membangun komunikasi dua arah, antara penyelenggara pemilu dan publik. Selain itu, humas memiliki program yang terencana, berkesinambungan, memiliki metode yang terintegrasi dengan bagian lain dan hasilnya tangible atau nyata.

“Humas KPU juga harus berorientasi pada organisasi, memiliki pemahaman yang tinggi terhadap visi, misi dan budaya organisasi penyelenggaraan pemilu. Sasarannya adalah publik, kelompok dalam masyarakat yang memiliki karakteristik kepentingan yang sama untuk demokrasi dan pemilu,”jelas Sahran.

Talkshow Virtual Rumah Pintar Pemilu (RPP) TV KPU Provinsi Sulteng ini menghadirkan narasumber anggota KPU RI, I Dewa Wiarsa Raka Sandi dan
Dr. Abdullah Khusairi, MA, Dosen Komunikasi UIN Imam Bonjol Padang Sumatera Barat.

Pantauan media ini, turut hadir pada talkshow virtual RPP TV KPU Provinsi Sulawesi Tengah itu, Ketua KPU Provinsi Sulawesi Tengah, Tanwir Lamaming, anggota KPU Provinsi, Syamsul Y. Gafur anggota KPU Kabupaten/kota di Sulawesi Tengah, penyelenggara atau tenaga adhoc pemilu serta bagian humas pemerintah daerah, kabupaten/kota, para akademisi, wartawan dan pegiat pemilu.(rl)

  • Whatsapp

Pos terkait