“Si Macaca” Jadi Maskot Pilgub Sulteng 2020

  • Whatsapp

PALU – Komisi Pemilihan Umum Sulawesi Tengah memperkenalkan “Si Macaca” sebagai maskot Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Sulteng 2020, di salah satu hotel di Palu, Minggu, 15 Desember 2019, malam.

Macaca adalah salah satu jenis satwa di Sulawesi Tengah yang dilindungi. Yaki atau monyet hitam berjambul (Macaca nigra) itu diilustrasikan memegang paku di tangan kanan sebagai simbol pencoblosan dan di tangan kiri terdapat kertas suara berisi pesan tanggal pencoblosan yakni 23 September 2020.

Bacaan Lainnya

“Si Macaca”, karya Jumdinsyah itu telah terpilih menjadi maskot untuk event lima tahunan di Sulteng. Selain maskot, KPU Sulteng juga memperkenalkan jingle karya Veki F. Maskot dan jinggle tersebut merupakan hasil sayembara yang dilaksanakan oleh KPU Sulteng pada November lalu. Keduanya akan menjadi sarana publikasi dan sosialisasi pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Sulteng 2020.

Ketua KPU Sulteng, Tanwir Lamaming pada kesempatan itu, mengajak semua pihak agar bersinergi dalam penyelenggaraan pilkada 2020. Selaku penyelenggara, dia berharap dukungan dari berbagai pihak agar turut menyukseskan event lima tahunan ini. “Dengan sinergisitas, kita optimis pilkada 2020 akan berjalan dengan baik dan lebih berkualitas,” kata Tanwir Lamaming.

Anggota KPU RI, Viryan Azis yang hadir pada kesempatan itu berpesan kepada penyelenggara Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Sulteng agar menjaga integritas, bekerja keras dan membangun sinergitas. Tiga hal tersebut, kata dia harus dimiliki penyelenggara di semua tingkatan agar menghasilkan pilkada yang berkualitas.

“Pertama, integritas harga mati. Apapun cobaan, tantangan, ujian yang dihadapi, kita harus berpegang pada integritas. Kedua, kerja keras, berikan yang terbaik. Jauh lebih sungguh-sungguh, masyarakat harus dilayani dengan baik. Dan ketiga, sinergitas dengan TNI, polisi, tokoh agama dan tokoh pendidikan. Libatkan mereka sebagai mitra,” pesan Viryan Azis.

Viryan Azis mengajak kepada seluruh masyarakat Sulteng agar menggunakan hak suaranya memilih gubernur dan wakil gubernur pada 23 September 2020 mendatang. Begitu juga memilih bupati/ wakil bupati, walikota dan wakil walikota pada pilkada di delapan kabupaten kota di Sulteng.

Diketahui, selain Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Sulteng, juga delapan kabupaten kota di Sulteng yang akan pilkada yakni Poso, Sigi, Palu, Morowali Utara, Banggai, Banggai Laut, Tolitoli dan Tojo Una Una. Viryan Azis mengapresiasi pemerintah daerah yang telah mengalokasikan anggaran untuk Pilgub Sulteng dan juga pilkada di delapan kabupaten kota. Hal ini, kata dia menunjukkan adanya dukungan penuh dari pemerintah daerah sebagai bagian dari pembangunan politik di daerah ini.

Adapun launching Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Sulteng 2020 dihadiri Wakil Gubernur Sulteng Rusli Baco Dg Palabbi; Ketua DPRD Sulteng Nilam Sari Lawira; pimpinan partai politik di Sulteng; anggota KPU kabupaten kota se Sulteng; serta anggota KPU dari beberapa provinsi di Indonesia. (*)

Pos terkait