Samsuri Maju Lewat Jalur Perseorangan di Pilkada Poso

  • Whatsapp
Ir Samsuri M.Si bakal calon perseorangan pada Pilkada Poso 2020 tiba di kantor KPU Poso, Jumat 21 Februari 2020. (Foto:Apriyanto/JariPeDenews.com)

Poso, JariPeDenews.com – KPU kab Poso belum menerima dokumen dukungan Ir Samsuri M.Si sebagai calon perseorangan pada Pilkada Poso 2020. Padahal, Samsuri dan timnya sudah tiba di kantor KPU Poso.

Ketua KPU Poso Budiman Maliki, S.Sos mengatakan, belum menerima penyerahan dukungan calon perseorangan disebabkan kedatangan calon untuk menyerahkan dokumen telah melewati waktu.

Pantauan JariPeDenews.com, Samsuri lambat tiba di kantor KPU Poso, sekitar satu atau dua menit dari waktu yang ditentukan. Namun, KPU Poso tetap belum mau menerima dokumen dukungan calon perseorangan tersebut.

KPU Poso mengacu pada PKPU No 18 tahun 2019 perubahan dari PKPU No 3 tahun 2017 tentang pencalonan dan Keputusan Nomor 82 tahun 2020 tentang Juknis Tata Cara Penyerahan Dukungan dan Sebaran Calon Perseorangan.

Sesuai jadwal penyerahan dokumen dimulai pada tanggal 18 sampai 23 Februari 2020. Hari pertama sampai hari keempat dimulai dari pukul 08.00 sampai 16.00 sedangkan tanggal 23 Februari 2020 dimulai dari pukul 08.00 sampai 24.00 waktu setempat.

Sehubungan dengan ini, Samsuri selaku pasangan calon perseorangan belum diterima oleh KPU Poso karena melakukan pendaftaran di atas waktu yang sudah ditetapkan oleh PKPU.

Budiman Maliki menjelaskan terkait PKPU No 3 tahun 2017 tentang penyerahan dokumen dukungan dan batas waktu penyerahan. “Esok hari pendaftaran pencalonan perseorangan akan dibuka dari pukul 08.00 sampai dengan waktu yang telah ditetapkan” ujarnya.

Sementara itu, Samsuri yang saat ini menjabat sebagai Wakil Bupati Poso, meminta maaf atas keterlambatannya dalam melakukan pendaftaran. “Mohon maaf saya datang terlambat karena ada banyak blanko yang harus saya tanda tangani,” terangnya. (apriyanto)

  • Whatsapp

Pos terkait