Perkenalkan Peran RPP, Harapan Meningkatkan Partisipasi Pilkada 2020

  • Whatsapp

PARIGI MOUTONG – Keberadaan Rumah Pintar Pemilu ( RPP) yang telah ada di masing masing KPU Provinsi dan KPU Kab/Kota se Sulawesi Tengah perlu ditingkatkan peran strategisnya dalam kegiatan sosialisasi dan peningkatan partisipasi masyarakat dalam pemilu atau pemilihan. Rumah Pintar Pemilu, sebagai sarana bagi KPU propinsi dan KPU Kab/Kota dalam kegiatan pendidikan pemilih perlu didesain untuk menjadi lokomotif bagi voters education dalam upaya penyadaran atas nilai nilai demokrasi dalam masyarakat. demikian ungkap Sahran Raden, dalam acara Sosialisasi dan Audines Rumah Pintar Pemilu di KPU Kab Parigi Moutong.

Bacaan Lainnya

Sahran Raden, Anggota KPU Provinsi Sulawesi Tengah Periode 2018 – 2023 itu menyatakan bahwa saat ini di daerah Sulawesi Tengah sedang menjalankan tahapan Pemilihan Gubernur, Bupati dan walikota, ada 7 Kab, 1 kota dan 1 Provinsi yang menggelar hajatan demokrasi lokal ini, maka diharapkan Rumah Pintar Pemilu menjadi sarana mengedukasi pemilih agar partisipasi pemilih meningkat pada pilkada 2020. diketahui bahwa hari pemungutan suara pemilihan kepala daerah dan wakil.kepala daerah sesuai Peraturan KPU Nomor 16 Tahun 2019 perubahan dari PKPU Nomor 15 Tahun 2019 tentang Tahapan, Program dan Jadwal Pilkada 2020 yakni dilaksanakan pada tanggal 23 September 2020. diharapkan pada hari pemungutan suara tersebut tingkat partisipasi pemilih pada pilkada 2020 semakin meningkat, melabih dari angka partisipasi pemilu 2019 di Sulawesi Tengah yang mencapai 83,90%.

Sahran Raden, yang mantan Ketua KPU Provinsi Sulawesi Tengah periode 2013 -2018, ini menyatakan bahwa kualitas partisipasi pemilih sangat tergantung pada pengetahuan masyarakat terhadap setiap tahapan teknis pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota yang diselenggarakan oleh Penyelenggara Pemilu. dengan demikian tugas dan tanggungjawab KPU Provinsi dan KPU Kab/kota adalah menyampaikan secara terbuka terhadap semua informasi tahapan teknis pilkada 2020, tutup Sahran.

Kegiatan Audiens Rumah Pintar Pemilu ini diselenggarakan oleh KPU Kabupaten Parigi Moutong pada Rabu,l 4/12/2019 bertempat di Aula Kantor KPU Kabupaten Parigi Moutong. Menurut Abdul Gafur Divisi Sosialisasi dan Parmas KPU Kabupaten Parigi Moutong yang memandu acara ini menyatakan bahwa sengaja kegiatan ini dilaksanakan didalam kantor agar peserta dapat mengenal langsung Rumah Pintar Pemilu. meski sederhana akan tetapi keberadaan Rumah Pintar Pemilu KPU Kabupaten Parigi Moutong dapat berperan dalam upaya meningkatkan partisipasi masyarakat di Kabupaten Parigi Moutong.

kegiatan ini dihadiri oleh Ketua dan Anggota KPU Kabupaten Parigi Moutong, Pimpinan Bawaslu, peserta yang berasal dari Mahasiswa, Siswa, Pemuda, Ormas dan sejumlah media di Kabupaten Parigi Moutong. diharapkan kegiatan ini dapat merangsang pengetahuan para peserta untuk mengenal lebih dekat fungsi dan peran Rumah Pintar Pemilu di KPU Kabupaten Parigi Moutong. [***]

Pos terkait