Pasangan Samsuri – Tony Sowolino Serahkan Dokumen Dukungan ke KPU Poso

  • Whatsapp
Pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati Poso Ir. Samsuri M.Si dan Ir. Tony Sowolino, M.Si yang maju melalui jalur perseorangan di Pilkada Poso 2020 menyerahkan dokumen dukungan di kantor KPU Poso, Sabtu 22 Februari 2020. (Foto:Apriyanto/JariPeDenews.com)

Poso, jariPeDenews.com – Pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati Poso Ir. Samsuri M.Si dan Ir. Tony Sowolino, M.Si yang maju melalui jalur perseorangan di Pilkada Poso 2020 menyerahkan dokumen dukungan di kantor KPU Poso, Sabtu 22 Februari 2020.

Sesuai ketentuan, Samsuri menyerahkan dokumen Model B1 KWK sejumlah 17.140 dan penyebarannya di 19 kecamatan di Kabupaten Poso. Di dalamnya juga format formulir model B11 KWK sejumlah 2 rangkap dan B2 KWK sejumlah 2 rangkap.

Samsuri mengucapkan terima kasih kepada KPU Poso atas bimbingan dan komunikasinya. Samsuri juga memohon maaf atas ketidakhadiran bakal calon wakil bupati selaku pasangannya, dikarenakan ada agenda yang belum bisa di tinggalkan.

Anggota KPU Kabupaten Poso, Taufik menjelaskan terkait mekanisme pemeriksaan dokumen dukungan pasangan calon perseorangan. “Tahapan ini adalah tahapan yang sangat penting guna mengetahui dokumen mana saja yang sudah sesuai dengan syarat dan mana yang belum,” tuturnya.

“Dokumen ini akan dicek satu persatu, setelah itu akan diperiksa berapa yang memenuhi syarat dan berapa yang tidak memenuhi syarat. Kami mohon bersabar karena tahapan ini memerlukan waktu yang lama,” jelasnya.

Sementara itu, Bawaslu Kabupaten Poso berharap agar diberikan ruang untuk memeriksa silon guna memastikan proses ini sesuai prosedur, agar pihak calon tidak ada yang dirugikan.

Ketua KPU Kabupaten Poso, Budiman maliki S.Sos mengatakan, setelah bakal pasangan calon menyerahkan dokumen dukungan dan KPU sudah menerima secara resmi, dilanjutkan dengan proses pemeriksaan yang akan berjalan terus sampai pada batas waktu penerimaan dokumen dukungan, 23 Februari 2020.

“Bila hasil pemeriksaan dokumen persyaratan sudah sesuai dengan ketentuan surat keputusan KPU RI 82 tentang pedoman teknis penyerahan dokumen dukungan, maka kita akan memberikan status menerima dokumen dukungan yang diserahkan,” jelasnya.

Sejauh ini, di kabupaten Poso baru satu pasangan calon perseorangan yang mengajukan dokumen dukungan. “Sampai saat ini baru satu yang mendaftar sebagai pasangan calon perseorangan, karena syarat untuk mengajukan dokumen dukungan tersebut sesuai jadwal yang sudah di tentukan, jauh-jauh hari sudah mengirimkan LO nya” tuturnya. (aprianto)

  • Whatsapp

Pos terkait