Nasdem Optimistis Sapu Bersih Pilkada di Sulteng

  • Whatsapp
Ketua Dewan Pimpinan Wilayah Partai NasDem Atha Mahmud. (Foto:JariPeDenews.com)

Palu, JariPeDenews.com – Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai NasDem Sulawesi Tengah, Atha Mahmud menyatakan optimistis partainya akan memenangkan sembilan Pilkada 2020 di Sulawesi Tengah. “Sapu bersih,” kata Atha Mahmud ditemui usai acara Refleksi Akhir Tahun dan Silaturahmi Partai Nasdem Sulteng di Taman GOR Palu, Sabtu 28 Desember 2019.

Saat berpidato di depan ratusan kader NasDem yang hadir pada acara malam itu, Atha Mahmud menegaskan target menang di semua kabupaten/ kota di Sulteng yang akan menggelar Pilkada 2020, termasuk pemilihan gubernur dan wakil gubernur Sulawesi Tengah.

Bacaan Lainnya

“Artinya, kita serius menatap Pilkada 2020, tanpa membeda-bedakan kabupaten atau kota,” ujar Atha Mahmud yang sebelumnya menjabat ketua Badan Pendidikan DPW Partai NasDem Sulteng.

Diketahui, NasDem adalah partai pemenang pada Pemilu 2019 di Sulawesi Tengah dengan raihan 271.513 suara untuk DPR RI, melampaui Golkar dengan 194.712 suara. Pada Pemilu 2019, NasDem juga berhasil merebut tujuh kursi di DPRD Sulteng dan berhak atas kursi ketua. Beberapa kabupaten juga dimenangkan oleh Partai NasDem seperti Parigi Moutong, Morowali, Tojo Unauna, dan Banggai Kepulauan dan mendudukkan kadernya di kursi ketua DPRD setempat.

Atha Mahmud mengatakan, hasil Pemilu 2019 di Sulteng menjadi cerminan bahwa NasDem mampu menjawab tantangan-tantangan di masyarakat. Karena itu, dia optimistis dapat menang besar di Pilkada 2020. Adapun delapan kabupaten kota yang menggelar pilkada adalah Kota Palu, Kabupaten Sigi, Poso, Tojo Unauna, Morowali Utara, Banggai, Banggai Laut, dan Tolitoli.

Saat ini, kata dia sejumlah bakal calon kepala daerah telah mendaftar di NasDem. Dinukil dari laman resmi NasDem, DPD NasDem di tujuh kabupaten dan satu kota di Sulteng, telah memasukkan nama-nama bakal calon kepala daerah berdasarkan hasil pleno, termasuk di dalamnya petahana, kecuali petahana Sigi. Tapi, kata Atha Mahmud, keputusan resmi siapa yang akan diusung akan diumumkan pada Februari 2020 setelah Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) DPW NasDem Sulteng.

“NasDem baru akan mengadakan Rakerwil pada bulan Februari. Nanti Februari, kita umumkan secara formal karena itu keputusan tertinggi di tingkat provinsi,” ujarnya.

Adapun nama-nama yang kerap disebut akan diusung oleh NasDem pada Pilkada 2020 di Sulawesi Tengah, belum final. “Sampai saat ini belum ada. Saya tegaskan belum ada,” ungkap mantan ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai NasDem Kabupaten Morowali Utara itu. (*)

Pos terkait