Lukman Tahir : Media Berkontribusi Penting Dalam Demokrasi dan Pemilu.

  • Whatsapp

Palu, Jaripedenews.com – Peran media sangat besar terhadap pembangunan demokrasi di Indonesia. Peran media sangat positif dalam penyebaran informasi politik dan demokrasi. Maka media merupakan kekuatan baru dalam konteks masyarakat demokrasi di Indonesia. Demikian, kata Lukman S Thahir, Akademisi dan Peneliti IAIN Palu Sulawesi Tengah.

Lanjut, Lukman Tahir, yang juga Dekan Fakultas Ushuluddin dan Dakwah IAIN Palu, menyatakan media telah memiliki peranan sentral dalam memajukan ranah publik yang demokratis dan mengawasi pemerintahan yang berkuasa. Demikian, Lukman Tahir menyampaikan hal itu dalam kegiatan Focus Group Discussion ( FGD) Peran Media dalam Peningkatan Partisipasi Pemili pada Pilkada Serentak Tahun 2020 oleh KPU Provinsi Sulawesi Tengah diruang Aulah KPU Sulteng. Pada 8/02/2020.

Perlu dicatat bahwa media pada dasarnya media telah menyebarluaskan infomrasi membangun opini publik dan memfasilitasi warga dan politisi lokal. Bahkan media berperan dalam meningkatkan bidaya literasi politik sehingga berdampak pada penyadaran dan keterlibatan masyarakat sipil dalam pemilu dan pemilihan.

Meski tantangan yang dihadapi oleh media pers adalah kemandirian media terhadap kekuasaan. Namun para jurnalis yang mengembangkan berita berimbang sangat lah strategis perannya dalam pembangunan politik di Sulteng. Media mainstrem sabagai salah satu sumber berita terpercaya diera post trust sangat besar perannya dalam demokrasi di sulteng.

Dalam rangka Pilkada serentak, diharapkan peran media turut ikut serta dalam meningkatkan partisipasi pemilih melalui penyebaran berita pemilohan Gubernur, Bupati dan Walikota.

Kegiatan FGD peran media dalam peningkatan partisipasi pemilih dalam Pilkada 2020, dilaksanakan oleh KPU Provinsi Sulawesi Tengah pada tabggal 8-9 Februari 2020 di Aula Kantor KPU Provinsi Sulawesi Tengah. Peserta kegiatan ini berjumlah 30 orang berasal dari Pimpinan Media Cetak, Media Elektronik dan media Online juga diikuti oleh KPU Kabupaten Donggala, Sigi dan Kota Palu.

  • Whatsapp

Pos terkait