Kuliner Teluk Lalong dan Wisata Politik di Kota “AIR” Luwuk

  • Whatsapp

Dilaporkan oleh : Idrus (Anggota KPU Kota Palu)

Teluk Lalong terletak di pusat kota Luwuk, Kabupaten Banggai Provinsi Sulawesi Tengah. Memiliki luas ±700-850 m. Merupakan tempat berlabuhnya kapal dari beberapa Kabupaten hingga Provinsi. Tempat bersantai untuk kalangan muda hingga dewasa pada sore hingga malam hari. Disekitar teluk berjejer kafe-kafe yang menjual makanan ringan hingga makanan berat. Terdapat RTH (Ruang Terbuka Hijau) yang di bangun oleh pemerintah setempat sekitar tahun 2016.

Bacaan Lainnya

Sabtu malam, 21 Desember 2019. Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Banggai disaksikan oleh seluruh undangan dan masyarakat. juga dihadiri oleh Komisioner KPU Provinsi Sulteng. KPU Kab/Kota Se Sulawesi Tengah. KPU Banggai menggelar Launching Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tahun 2020.

Panitia (EO) menata panggung utama diatas anjungan Teluk Lalong Luwuk. dilengkapi dengan tenda dan kursi bagi tamu VIP. didepan panggung utama adalah jalan raya tempat berdirinya tenda dan kursi tamu undangan. Jika kita berdiri dipanggung utama kita menatap kedepan terlihat deretan tenda tamu yang juga tepat di depan halaman Masjid Agung Luwuk. Masjid yang berornamen megah, halaman masjid yang luas serta dihiasi lampu aneka warna dan malam itu terlihat sangat indah.

Malam minggu ternyata Teluk Lalong Luwuk menjadi pilihan utama bagi warga kabupaten banggai untuk menikmati aneka kuliner dan indahnya suasana teluk dimalam hari. Terasa semakin lengkap dikarenakan masyarakat juga disuguhi wisata politik (pendidikan politik pilkada) melalui KPU Kabupaten Banggai yang laksanakan hajatan launching. Tak tertinggal Menghadirkan penyanyi yang viral di aplikasi tik tok dan youtube. dialah Sanza Sabila Soleman. Sanza viral lewat curhatan tembang “Nyong Manis” dalam waktu singkat bisa memiliki viewers sejuta orang. Sebelum viral Sanza ternyata pernah ikut Pra Olimpic Association Boxing U18–20 di Thailand.

Sebelum puncak penampilan Sanza Sabila lewat suara merdu dan gerakan genitnya. Malam itu Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Banggai mengawali acara launching dengan tarian daerah untuk menyambut para tamu.
selanjutnya sambutan Ketua KPU Kabupaten Banggai Zaidul Bahri menyampaikan harapan dan terima kasih atas dukungan berbagai pihak hingga acara launching dapat dilaksanakan sesuai jadwal. Diakhir sambutan Zaidul memberikan pesan filosofis bahwa belajarlah dari jarum “menusuk tetapi mampu menyatukan”.

Sambutan atas nama pemerintah Kabupaten Banggai diwakili oleh Sekretaris Kabupaten Banggai Abdullah Ali, bahwa pemilihan serentak ini adalah sarana kedaulatan rakyat, untuk memilih Bupati dan Wakil Bupati beserta Gubernur dan Wakil Gubernur pada tanggal 23 September 2020 berdasarkan prinsip demokrasi ; langsung, umum bebasa rahasia jujur dan adil. Kebebasan dimaknai bebas menyampaikan pilihan politik berdasarkan keyakinan politiknya untuk memilih pemimpin terbaik. Terbersit pula harapan agar data pemilih lebih berkualitas, antusias partisipasi masyarakat untuk datang berbondong bondong ke tps.

Sambutan Sahran Raden sebagai komisioner KPU Provinsi Sulawesi Tengah yang juga Koordinator Wilayah Kabupaten Banggai bersaudara. bahwa pemilihan serentak (Pilkada) Bupati Banggai Tahun 2020 adalah gelombang ke empat pemilihan serentak di Indonesia. Gelombang pertama Tahun 2015. gelombang kedua Tahun 2017. Gelombang ketiga Tahun 2018. dan Gelombang keempat Tahun 2020. Pemilihan Serentak secara Nasional meliputi seluruh provinsi dan kabupaten Se Indonesia akan akan dilakukan Tahun 2024.

Data Badan Pusat Statistik (BPS) mengenai indeks kebahagiaan masyarakat indikatornya meliputi aspek ketenangan psikologis, pendidikan, kesehatan dan tata kelola pemerintahan.
Dalam rangking indeks kebahagiaan tersebut Pemerintahan Sulawesi Tengah masih diperingkat empat belas.

Harapan Sahran Raden bahwa pemilihan serentak 23 September 2020 yang terpilih adalah Gubernur dan Wakil Gubernur serta Bupati dan Wakil Bupati adalah mereka yang akan menaikkan indeks kebahagian masyarakat tersebut. Sahran juga menghimbau ke partai politik mari menjadikan pilkada sebagai sarana wisata politik karena sesungguhnya KPU beserta jajarannya diamanatkan untuk melaksanakan pesta demokrasi tersebut, tetapi sesungguhnya yang berpesta adalah seluruh warga Kabupaten Banggai.

Pemilihan Serentak berkualitas dan berintegritas jika penyelenggara terdiri dari unsur KPU beserta Bawaslu. Unsur peserta beserta pemilih saling bersinergi untuk melahirkan pilkada yang berkualitas serta menghasilkan pemimpin yang berkualitas.

Puncak acara launching ditandai penekanan tombol sirene dan letusan kembang api serta diperkenalkannya maskot “Si Muamua” juga diperdengarkan lirik-lirik jingle dengan judul “Ayo memilih untuk Kabupaten Banggai”.

Bentuk suksesnya acara launching ditutup dengan bernyanyi sambil berjoget bersama antara sang biduan Sanza Sabila Soleman, Komisioner KPU Provinsi dan Komisioner KPU Kabupaten/Kota Se Sulawesi Tengah beserta Sekretaris Kabupaten Banggai. Lirik lagupun di ikuti oleh masyarakat yang tumpah ruah. Sejarah mencatat Teluk Lalong Luwuk Jadi Saksi Launching Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Banggai Tahun 2020 berjalan Sukses. Kerumunan muda mudi berlahan terurai secara alami, pancaran wajah cerah ceria setelah disuguhi edukasi politik pilkada dan lantunan lagu merdu Sanza. Masyarakat kemudian menyebar memasuki lesehan aneka kuliner untuk menyantap makanan/minuman sesuai selera sambil sesekali celetuk candaan antar mereka. Pada akhirnya malam itu menjadi kebahagian keluarga besar KPU Se Sulaweai Tengah bilkhusus “selamat bagi Keluarga Besar KPU Kabupaten Banggai”.

Pos terkait