KPU Sulteng: Empat Kecamatan Tidak Mencukupi Dua Kali Kebutuhan

Palu, Jaripedenews.com – Anggota KPU Provinsi Sulawesi Tengah Sahran Raden mengatakan masih terdapat empat kecamatan di tiga kabupaten yang belum mencukupi dua kali lipat kebutuhan dalam seleksi Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).

“Setelah dibuka pendaftaran selama tiga hari sejak tanggal 30 November sampai 2 Desember 2022, masih terdapat empat kecamatan di tiga kabupaten yang tidak mencukupi dua kali kebutuhan PPK, kecamatan tersebut terdapat di Kabupaten Sigi yakni Kecamatan Lindu sebanyak sembilan orang pendaftar, selanjutnya Kabupaten Donggala di Kecamatan Pinembani 9 orang yang mendaftar dan Kabupaten Morowali terdapat dua kecamatan yakni Kecamatan Bahodopi sembilan orang pendaftar dan Kecamatan Bungku Barat sebanyak delapan orang pendaftar” ujar Sahran, minggu (4/12).

Bacaan Lainnya

Sahran Raden juga mengungkapkan bahwa kecamatan Pinembani dan Lindu adalah daerah tersulit pada saat melakukan perekrutan PPK karena sering tidak mencukupi 2 kali jumlah kebutuhan.

“Hal ini terkait dengan kesiapan sumber daya manusia yang tersedia dan minat masyarakat untuk berpartisipasi menjadi penyelenggara pemilu. Meskipun demikian, tahapan proses seleksi PPK tetap dilanjutkan ke tahap penelitian administrasi peserta atau pelamar”. Ungkap Sahran Raden.

Olehnya KPU Kabupaten melakukan perpanjangan waktu untuk kecamatan yang tidak memenuhi dua kali dari jumlah kebutuhan PPK.

Sesuai dengan Peraturan KPU (PKPU) Nomor 8 Tahun 2022 tentang Pembentukan Badan Adhoc PPK,PPS dan KPPS dan Petunjuk Teknis Pembentukan Badan Adhoc Pemilu 2024, maka tahapan tetap dilanjutkan ke tahap berikutnya yakni Penelitian administrasi untuk kabupaten yang diperpanjang tersebut. Selanjutnya, tahapan dilanjutkan ke tahap tes tertulis untuk kabupaten yang diperpanjang akan dilaksanakan melalui CAT pada tanggal 8-10 Desember 2022.

Untuk kabupaten yang telah memenuhi kebutuhan dua kali jumlah PPK, maka seleksi tertulis melalui CAT dilaksanakan pada tanggal 6 – 7 Desember 2022.

Sahran menambahkan, bahwa terhadap semua Kabupaten san kota telah siap melaksanakan tes tertulis melalui CAT. Persiapan terhadap sarana dan perangkat komputer CAT telah disiapkan melalui kerjasama dengan lembaga pendidikan di masing-masing daerah.

“Dalam proses seleksi ini kita berharap akan lahir penyelenggara PPK yang memiliki kemampuan baik dalam membantu KPU, KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota untuk melaksanakan tahapan di kecamatan. Sehingga melahirkan pemilu yang berkualitas, demokratis jujur dan adil”, tutup Sahran.

Pos terkait