KPU Poso Libatkan Perguruan Tinggi dan Sekolah Dalam Parmas

  • Whatsapp

Poso, JariPedenews.com – Komisi. Pemilihan Umum Kabupaten Poso, melibatkan melibatkan sejumlah Perguruan Tinggi dan Sekolah dalam upaya meningkatkan partisipasi masyarakat di pilkada Kabupaten Poso. Pelibatan ini dilakukan melalui Penandatanganan Memorandum of Understanding atau MoU. Nota kesepahaman ini di tandatangani oleh Ketua KPU Kabupaten Poso bersama Perguruan Tinggi yang ada di Kabupaten Poso. Perguruan Tinggi tersebut yakni Universitas Sintuwu Maroso, Univesitas Kristen Tentena, Sekolah Tinggi Agama Islam Poso dan Sekolah Tinggi Teologia Tentena. Penandatanganan Nota Kesepahaman antara KPU Kabuoaten Poso dan Perguruan Tinggi ini sebagai suatu dokumen perjanjian atas kesepahaman bersama mengenai upaya dan langka melaksanakan kegiatan bersama untuk meningkatkan sosialisasi pilkada serentak 2020 di Kabupaten Poso.

Ketua KPU Kabupaten Poso, Budiman Maliki mengatakan bahwa MOU yang dibuat ini sebagai upaya dan bentuk pelibatan masyarakat sipil dalam meningkatkan partisipasi masyarakat dalam Pilkada di Kabupaten Poso. Bahwa upaya meningkatkan pemahaman dan kesadaran berpilkada menjadi tanggungjawab bersama semua pihak bukan hanya KPU Kabupaten Poso.

Ditempat yang sama Ketua Divisi Sosialisasi, Parmas dan SDM, KPU Kabupaten Poso, Wilianita Selfiana, mengatakan MOU ini berisi poin poin perjanjian diantaranya bersepakat bersama untuk melaksanakan sosialisasi di kampus kampus terkait dengan kegiatan soialisasi dan paningkatan partisipasi perguruan Tinggi pada Pilkada di Kabupaten Poso. Kita ingin Perguruan Tinggi membantu usaha meningkatan partisipasi pemilih. Kata Lita” panggilan akrabnya. Porsentase tingkat partisipasi pemilih di Kabupaten Poso pada pemilu 2019 yakni 88,87%. maka kita ingin mempartahankan porsentase tersebut dalam pilkada 2020 atau paling tidak menaikan digit nya. “Ujar Lita”.

Penadatanganan itu didahului dengan kegiatan Focus Grouf Discussion, tentang Peningkatan Partisipasi dan Kerjasama Kelembagaan pada, Rabu, 22/1 2020 bertempat di Aula KPU Kabupaten Poso. Hadir sebagai Narasumber dalam kegiatan FGD yakni Ketua Divisi Sosialisasi dan Parmas KPU Provinsi Sulawesi Tengah Sahran Raden, Anggota Bawaslu Kabupaten Poso Cristian Oruwo dan Divisi Sosialisasi KPU Kabupaten Poso, Wilianita Selfiana.

Peserta yang hadir berasal dari Perguruan Tinggi, dan Puluhan Sekolah Menengah Atas ( SMA) di Kaupaten Poso.
Usai kegiatan penandatangan MOU dan FGD KPU Kabupaten Poso berkenan menyerahkan cendra mata berupa maskot Sang Simar sebagai icon sosialisasi pilkada di Kabupaten Poso.

  • Whatsapp

Pos terkait