KPU Parimo Target 90 Persen Partisipasi Pemilih di Pilkada 2020

  • Whatsapp
Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Parmas dan SDM,Abdul Gafur. (Foto:Main/JariPeDenews.com)

Parimo, JariPeDenews.com – Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Parigi Moutong, Abdul Gafur menargetkan angka partisipasi pemilih pada Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur 2020 di Parigi Moutong bisa mencapai 90 persen. Guna mencapai terget tersebut, pihaknya akan memaksimalkan sosialisasi tahapan Pilkada 2020.

Abdul Gafur yang Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Parmas dan SDM KPU Parimo ini menjelaskan, target tersebut memang lebih tinggi dibandingkan capaian Pemilu yakni 8o,50 persen. Oleh karena itu, diharapkan peran aktif dari penyelenggara ad hoc yang akan dibentuk di tingkat kecamatan. Mereka harus bekerja secara aktif dan profesional.

Ia berharap, kerja-kerja Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS), lebih ditingkatkan lagi sosialisasinya ke ruang-ruang publik. Misalnya, ketika ada warga berkumpul, ada rembuk desa, pesta perkawinan, maka hal tersebut coba untuk dimanfaatkan menjadi ruang sosialisasi tahapan pelaksanaan Pilkada 2020 digelar secara serentak.

“Ke depannya PPK dan PPS harus lebih banyak bersosialisasi dengan masyarakat, seperti ada warga kumpul-kumpul PPK serta PPS bisa masuk ke dalam untuk sosialisasi, ada pesta kawin PPK bisa meminta waktu untuk menyampaikan soal tahapan Pemilihan 2020,” kata Abdul Gafur saat ditemui JariPeDenews.com di ruang kerjanya, Senin 6 Januari 2020.

Kaitannya dengan soal rekruitmen PPK, pihaknya sudah menyusun jadwal dan tahapan berdasar PKPU Nomor 16 Tahun  2019 yang merupakan perubahan atas PKPU Nomor 15 Tahun 2019. Namun hingga saat ini pihaknya masih menunggu disahkannya rancangan PKPU yang baru. “Kalau berdasarkan PKPU Nomor 16 bahwa jadwal tahapan rekrutmen PPK dimulai 15 Januari hingga 14 Februari 2020,” ungkapnya. (main)

  • Whatsapp

Pos terkait