KPU Donggala Mencari Anggota PPK yang Berintegritas

  • Whatsapp
Yudhi Riandy

Donggala – Menjelang Pemilihan Gubernur Sulawesi Tengah yang dijadwalkan pada 23 September 2020, saat ini Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Donggala tengah bersiap merekrut Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk membantu keikutsertaan KPU Donggala dalam penyelenggaraan tahapan pemilihan dimaksud. Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan SDM KPU Donggala Yudhi Riandy, SSTP, MAP.

Menurutnya, sesuai dengan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 16 Tahun 2019 Tentang Perubahan Atas PKPU Nomor 15 Tahun 2019 Tentang Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2020, tahapan rekrutmen PPK akan dilaksanakan mulai tanggal 15 Januari 2020. “Penerimaan pendaftaran insya Allah mulai 18 sampai 24 Januari” imbuhnya.

Bacaan Lainnya

Mengenai kriteria anggota PPK yang akan direkrut, Yudhi menegaskan hanya orang-orang yang memiliki integritas yang dapat menjadi PPK. “Profesionalitas itu dapat dibentuk melalui diklat atau bimtek. Tapi integritas adalah modal utama seseorang dapat menjadi penyelenggara Pemilu” tegas alumni Sekolah Tinggi Pemerintahan Dalam Negeri (STPDN) ini. Untuk itu sesuai prosedur akan ada tahapan penerimaan tanggapan masyarakat terkait rekam jejak para pendaftar. Di samping itu pihaknya juga akan berkoordinasi dengan Bawaslu serta Camat dan Lurah/Kades dalam tahapan tersebut.

Terkait persyaratan administrasi, Yudhi menjelaskan sesuai PKPU Nomor 13 Tahun 2017 terdiri dari fotokopi KTP elektronik, fotokopi ijazah terakhir yang dilegalisir, surat pernyataan bermaterai, dan surat keterangan sehat dari puskesmas atau rumah sakit yang ditunjuk. “Detailnya nanti bisa dilihat di pengumuman resmi tanggal 15” tambahnya. Adapun pengumuman tersebut menurutnya dapat dilihat di Kantor KPU Donggala, Kantor Camat, Kantor Desa/Kelurahan, atau diakses di website https://kab-donggala.kpu.go.id/.

Dalam rekrutmen ini sesuai prosedur pihaknya akan melaksanakan seleksi administrasi, tes tertulis dan wawancara. Adapun materi tes tertulis menurutnya terdiri dari pengetahuan tentang pemilihan yang mencakup tugas, wewenang, dan kewajiban PPK, penelitian syarat dukungan calon perseorangan, teknis pemungutan suara, penghitungan dan rekap penghitungan perolehan suara, serta pengetahuan kewilayahan.

Tentang persyaratan belum pernah menjabat 2 periode sebagai PPK, Yudhi menjelaskan sesuai Surat KPU RI Nomor 12/PP.04.2-SD/01/KPU/I/2020 tanggal 10 Januari 2020 perihal pembentukan PPK dalam pemilihan serentak tahun 2020, penghitungan jabatan anggota PPK, PPS, dan KPPS dalam jabatan yang sama yaitu telah menjabat 2 kali periode berturut-turut sebagai anggota PPK, PPS, dan KPPS dalam pelaksanaan Pemilu Legislatif, Presiden dan Wakil Presiden, serta Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati. Periodisasi ini dimulai dari pemilihan umum tahun 2004 dengan hitungan periode pertama tahun 2004 hingga 2008, periode kedua 2009 hingga 2013, periode ketiga 2014 hingga 2018, dan periode keempat dimulai dari tahu 2019 “Berarti kalau pernah jadi anggota PPK Pemilihan Gubernur dan Pemilihan Bupati belum dikatakan sebagai 2 periode” tutupnya.

Pos terkait