Kemenag Kota Palu membuka Kompetisi Sains Madrasah Secara Virtual

  • Whatsapp

Palu,Jaripedenews- Kompetisi Sains Madrasah (KSM) merupakan salah satu kegiatan yang rutin digelar oleh Kementerian Agama sebagai ajang membangun “ghirah” kompetisi Sains antar siswa madrasah dilingkungan Kementerian Agama.

Sejak digelar pertama kali pada tahun 2012, KSM telah menjadi ajang yang positif dalam membangun budaya kompetisi antar madrasah. Tahun 2018, KSM berupaya mengelaborasi sains dengan nilai-nilai keislaman.

Meski ditengah pandemi Covid-19, Kementerian Agama kota Palu tetap menggelar kompetisi sains madrasah ini. Jumat, (20/8) pagi, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Palu, Dr. Nasruddin L.Midu, membuka secara resmi kegiatan itu secara virtual.

Jalannya acara dipandu oleh Syafiyamilza, SH.I, Staf Seksi Pendidikan Islam Kemenag Kota Palu, diikuti seluruh peserta, pembina, pendamping, pengawas KSM dan kepala Madrasah seluruh peserta virtual berjumlah 188 orang. Peserta KSM 107 orang,dari Madrasah Negeri dan Swasta sekota Palu.
Terdiri dari 30 peserta tingkat Madrasah Ibtidaiyah (MI), 47 peserta tingkat Madrasah Tsanawiyah (Mts) dan 30 peserta tingkat Madrasah Aliyah (MA).

Kepala Kemenag kota Palu, Dr. Nasaruddin L. Midu dalam arahannya menyampaikan pesan dan harapan agar KSM tahun ini, yang digelar dalam situasi pandemi, tidak menjadi halangan dan mematahkan semangat peserta KSM kota Palu.

“Kita tetap harus semangat dalam berkompetisi, kita juga wajib mendukung dan mengikuti aturan pemerintah kota Palu, tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat 5M plus 1D. KSM kota Palu tahun ini hanya bisa dilaksanakan secara online dari madrasah masing-masing. Semoga situasi ini tidak mengurangi semangat berkompetisi para peserta KSM kota Palu,”harapnya.

Kakankemenag kota Palu, Dr. Nasaruddin L. Midu menegaskan agar semua komponen yang teribat, Kepala Madrasah, Guru Pembimbing, Pembina dan Pengawas untuk bersatu dan saling suport memberikan pembinaan dan motivasi pada siswanya.

“Setelah nanti pengumuman pemenang KSM, harapan saya, kepala madrasah, guru pembimbing, pembina dan pengawas terus memberikan pembinaan kepada siswa kita yang lolos agar lebih semangat lagi dan dapat lolos ke KSM tingkat Provinsi. Kita suport terus hingga lolos sampai ke tingkat Nasional, siswa yang lolos itu bukan hanya bawa nama madrasahnya, namun sudah membawa nama baik Kementerian Agama Kota Palu,” kata pak Nas, begitu ia akrab disapa.

Sesuai jadwal, dan petunjuk teknis Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tahun 2021, pelaksanaan KSM tingkat Kabupaten/Kota se Indonesia di selenggarakan pada tanggal 21-23 Agustus 2021.Sebelumnya, telah dilaksanakan ujian simulasi KSM kota Palu pada tanggal 14-16 Agustus 2021. Sabtu, 21 Agustus adalah hari pertama ujian KSM untuk tingkat MA, sementara hari ke- 2 tingkat Mts, dan hari terakhir tingkat MI.

Pengumuman pemenang KSM tingkat kota Palu dapat dilihat melalui wabsite www.ksm.kemenag.go.id pada tanggal 28 Agustus mendatang.

Reporter: SR
Editor: RL

  • Whatsapp

Pos terkait