Kasman Lassa Batal Lantik 9 Kades Terpilih

  • Whatsapp
Bupati Donggala Kasman Lassa melantik 72 dari 81 kepala desa yang telah terpilih pada Pilkades serentak 7 Desember 2019. (Foto:Efendi Simbe/JariPeDenews.com)

Donggala, JariPeDenews.com – Bupati Donggala Kasman Lassa melantik 72 dari 81 kepala desa yang telah terpilih pada Pilkades serentak 7 Desember 2019. Sisanya, sembilan kepala desa batal dilantik.

“Sembilan desa yang bermasalah, delapan di antaranya adalah sengketa pilkades, satu desa bermasalah kode etik,” ungkap Kasman Lassa pada acara pelantikan.

Kasman Lassa mengatakan, kepala desa yang batal dilantik karena masalah kode etik sehingga BPD, Kadus, tokoh agama, tokoh pemuda, Sekdes dan Kaur desa setempat, menolak pelantikan. “Ke depannya akan kita tunjuk Plt (pelaksana tugas),” katanya tanpa menyebut desa yang dimaksudkan.

Adapun delapan pilkades di Donggala yang digugat ke pengadilan sebagaimana diberitakan salah satu media online adalah Desa Saloya, Sibayu, Oti, Marana, Tambu, Rerang, Mapane, dan Enu.

Pengambilan sumpah dan pelantikan 72 kades dilaksanakan di pelataran rumah jabatan Bupati Donggala. Selain pelantikan kepala desa, juga dilaksanakan pelantikan dan peralihan dari jabatan struktural semua UPTD ke jabatan fungsional.

Pada kesempatan itu, dilaksanakan pula pengambilan sumpah tenaga kependidikan guru yang sudah selesai prajabatan serta penyerahan Surat Keputusan Plt Kepala Dinas.

“Dalam pengambilan sumpah tidak lain bagian dari optimalisasi pelayanan pemerintahaan. Dalam rotasi kehidupan birokrasi, ada penyegaran, ada promosi, ada peningkatan karena prestasi. Semua ini dilakukan tidak lain adalah untuk mengoptimalkan pelayanan pemerintahan, baik itu yang berkaitan pemerintahan pembangunan maupun pemberdayaan masyarakat,” ujar Kasman Lassa. [Efendi Simbe]

  • Whatsapp

Pos terkait