Kadompe Maahas, Kuliner yang Banyak Diserbu Warga

  • Whatsapp

LUWUK — Kabupaten Banggai merupakan salah satu kabupaten di Sulawesi Tengah yang memiliki banyak spot wisata. Selain spot wisata Kabupaten Banggai terutama di Kota Luwuk memiliki wisata kuliner yang bisah dikunjungi dan nikmati oleh setiap pengunjung yang datang di kota Luwuk ini.

Salah satu wisata kuliner yang banyak dikunjungi oleh warga baik warga kota luwuk sendiri maupun pengunjung dari luar kota yakni kawasan kuliner warung kadompe yanng menjadi istilah bagi warga kota luwuk.

Ikan kadompe atau dikenal ikan Selar kuning atau Selaroides leptolepis, atau sering disebut ikan selar saja, adalah sejenis ikan dari suku carangidae dan satu-satunya anggota dari marga Selaroides. Terutama menyebar di wilayah pesisir dan laut-laut dangkal, selar kuning merupakan salah satu jenis ikan tangkapan yang penting bagi nelayan lokal. Ikan ini juga menjadi salah satu ikan favorit warga kota luwuk. Kota yang terletak dipesisir laut ini. Ikan ini menjadi kuliner yang sangat digemari warga luwuk karena terkenal lezat dan mudah didapatkan di pasar.

Puluhan warung kadompe berderet menjajakan ikan kadompe di pantai maahas. warung-warung disekitar pantai maahas ini selalu ramai dikunjungi warga setiap harinya sejak pagi hingga malam hari. Sejak menjadi kawasan yang ramai dikunjungi warga untuk makan siang dan malam tempat ini telah dikelolah oleh pemerintah daerah Kabupaten Banggai .

Sebut saja salah satu warung kadompe Loinang yang banyak dikunjungi oleh warga kota luwuk. Loinang diambil dari salah satu suku asli di Kabupaten Banggai. Loinang juga merupakan sebutan nama seseorang yang pertama kali menginjakan kakinya di tanah saluan. Di warung ini menyediakan ikan kadompe bakar dan menu khas tradisional lainnya, seperti jepa, popeda, milu siram, perkedel ikan halus, dan jenis sayuran lainnya yang masak secara tradisional.

Diana Dayanun, pemilik warung Lionang ini menyatakan alhamdulillah bersyukur warung saya ini banyak dikunjungi warga baik warga kota luwuk maupun diluar kota.

Pantauan media ini, salah satu artis ibukota yang hadir dan makan disini yakni Sanza Suleman dengan lagu populernya ” kasih slow tempo” bersama tim KPU Provinsi dan KPU Kabupten Kota Se Sulawesi Tengah.

Untuk mendapatkan kuliner ikan kadompe, anda cukup merogoh kocek sebanyak Rp25 ribu hingga Rp30 ribu saja. Dengan harga tersebut anda bisa duduk manis mendapatkan kuliner ikan kadompe, sayur kangkung, sambal mentah.

Tidak hanya itu, pemandangan laut dan kota luwuk menjadi salah satu magnet tersendiri ditempat ini. Jadi, untuk anda yang ingin makan dan beristirahat santai, tempat ini menjadi pilihan utama untuk anda.

Banyak warga kota luwuk yang datang ketempat ini bersama keluarga dan teman-teman mereka untuk mengisi perut kosong mereka. Selamat mencoba……

  • Whatsapp

Pos terkait