JariPede Kembali Gelar Kursus Kepemiluan

Palu,Jaripedenews.com – Jaringan Pemilu dan Demokrasi Sulawesi Tengah (JariPede), kembali menggelar Kursus Kepemiluan angkatan ke-III tahun 2022 secara online dan tatap muka.

Pelaksana Tugas Direktur JariPede Sulteng, Syafiyamilza Randalembah pada media ini mengatakan, pendidikan politik dan demokrasi adalah menu penting dan strategis untuk diberikan kemasyarakat dalam rangka penguatan peran masyarakat dalam melakukan system kontrol pemerintahan yang diselenggarakan dari rakyat,oleh rakyat dan untuk rakyat.

“Penyelenggaraan pemilihan umum, peran masyarakat sangat diperlukan untuk melakukan kontrol terhadap pelaksanaan penyelenggaraan pemilihan umum oleh penyelenggara pemilu yakni, Komisi Pemilihan Umum (KPU), Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) dan Dewan Kehormatan Penyelenggaraan Pemilu (DKPP) yang termaktub dalam UU No 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum,”jelasnya, Sabtu, (4/6).

Lembaga Jaringan Pendidikan dan demokrasi Jari PeDe Sulawesi tengah, kata Icha adalah lembaga independen yang konsen terhadap isue” demokrasi dan kepemiluan di Sulawesi Tengah, mempunyai peran moril untuk melakukan pendidikan kepemiluan, khususnya kursus pemilu bagi para pemuda/mahasiswa,pemilih pemula dan masyarakat umum yang berada di Sulawesi Tengah.

Dia mengatakan, tujuan pelaksanaan kursus kepemiluan ini diharapkan peserta memiliki pengetahuan tentang tugas, fungsi dan wewenang penyelenggara pemilu baik KPU, BAWASLU dan DKPP pada pemilihan umum. Selain itu, sebagai sarana edukasi pengawasan pemilu bagi masyarakat dalam hal pengetahuan tentang kepemiluan serta membangun relasi partisipatif yang berkesinambungan dengan simpul masyarakat dalam rangka pendidikan politik,demokrasi dan pengawasan pemilu dan membangun kesadaran kritis pemuda/mahasiswa, pemilih pemula,dan masyarakat secara umum akan pentingnya peran masyarakat partisipasi pengawasan pemilu.

Kursus kepemiluan angkatan ke III gelombang 1 dilaksanakan secara online pada hari sabtu tanggal 4 juni dan 13 Juni 2022 dengan menghadirkan narasumber, Wahida Suaib, Pegiat Pemilu/Komisioner Bawaslu RI tahun 2008-2012, Masykurin Hafid, CEO CM Management.

Sementara, kursus kepemiluan gelombang 2 secara offline/hibrid akan dilaksanakan pada hari sabtu tanggal 11 juni 2022 di Aula Kemenag Kota Palu dengan narasumber,
Dr. Sahran Raden, SH,MH, Komisioner KPU Provinsi Sulawesi Tengah dan Darmiati SH,MH, Komisioner Bawaslu Provinsi Sulawesi Tengah.

Pendaftaran peserta terbuka untuk umum, waktu pendaftaran untuk gelombang ke 2 sudah dibukatanggal 1 – 9 Juni 2022.

Redaksi
Editor: RL

Pos terkait