Catatan Kecil Perjalanan Jaringan Pemilu dan Demokrasi Sulawesi Tengah, (Jaripede Sulteng)

  • Whatsapp

Oleh: Syafimilza Randalembah, Pelaksana Tugas Direktur Jaripede Sulawesi Tengah

Ibarat seorang bayi,usia 2 tahun adalah periode emas (golden age), tahapan pertumbuhan dan perkembagan yang paling penting pada masa awal kehidupannya.

Diawali berlatih berdiri, berjalan dan berlari. Seperti itulah kira-kira jika diilustrasikan pertumbuhan jaripede saat ini yang mulai aktif terus berlatih berdiri, berjalan bahkan berlari dalam mewujudkan mimpi besarnya.

Menerawang kembali dua tahun lalu, awal dirintisnya lembaga Jaripede Sulteng yang di prakarsai oleh mahasiswa dan aktivis demokrasi yang selama ini peduli dan memiliki dedikasi dalam proses demokrasi dan kepemiluan di Indonesia dan daerah Sulawesi Tengah.

Jaripede sendiri didirikan dengan tujuan untuk menjadi bagian dari pilar pilar demokrasi, guna mewujudkan pemilu berkualitas dan berintegritas di Indonesia dan Sulawesi Tengah.

Secara umum Jaripede berdiri untuk memberikan edukasi kemasyarakat tentang kepemiluan dan demokrasi, sehingga lebih mendorong masyarakat sipil agar berpartisipasi pada pemilu demokratis serta mendorong terwujudnya tata pemerintahan yang baik dan bersih kedepannya.

Sejak launchingnya pada tanggal 9 Agustus 2019 Jaripede telah meluncurkan beberapa program kerja, dalam program jangka pendek, dan jangka panjang, khususnya dalam menghadapi pilkada serentak tahun 2020 kemarin. Jaripede telah melakukan program kerja yakni, mengawal pelaksanaan pemilu dan pilkada yang demokratis dan berkualitas melalui pengawasan, dan pengkajian, serta pendidikan pemilih bagi generasi muda (pemilih pemula) dengan melakukan dialog, workshop, pelatihan jurnalistik, forum diskusi secara offline dan virtual,serta kursus kepemiluan dan pendidikan pemilih angkatan pertama. Hasil pelatihan jurnalistik tersebut telah melahirkan juga jurnalis yang aktif menulis berita online di website resmi Jaripede yakni jaripedenews.com.

Menuju pemilu serentak 2024 Untuk program Jaripede kedepannya, akan lebih menyiapkan sumber daya generasi muda, masyarakat dalam bidang edukasi kepemiluan dan issu demokrasi lainnya. dengan merancang kegiatan lanjutan kursus kepemiluan dan pendidikan pemilih angkatan ke- 2, diskusi” publik secara virtual dan offline, pelatihan jurnalistik yang bekerjasama dengan lembaga yang konsen dengan isu yang sama, lembaga kepemudaan, lembaga pers kampus, lembaga penyelenggara pemilu, baik daerah maupun Nasional.

Diusia yang ke-2 tahun ini harapan kami Jaripede news dapat selalu eksis dan lebih berkembang lagi dalam mengawal demokrasi dan kepemiluan di Indonesia dan daerah Sulteng, sebagai salah satu kontribusi untuk meningkatkan Indeks Demokrasi di Indonesia (IDI) khususnya di Sulawesi Tengah.

Semoga kedepannya, lembaga Jaripede ini dapat memberikan kontribusi untuk Negara dalam mewujudkan tujuan demokrasi di Indonesia yang meliputi kebebasan berpendapat dan berekspresi, mencegah perselisihan antar kelompok, menciptakan keamanan dan ketertiban bersama, mendorong masyarakat aktif dalam pemerintahan, membatasi kekuasaan pemerintahan.

Sekali lagi, selamat HARLAH Jaripede yang ke- 2 tahun semoga semakin berjaya dan sukses kedepannya.

  • Whatsapp

Pos terkait