Berkas Dua Pasangan Gubernur/Wakil Gubernur Sulawesi Tengah Memenuhi Syarat

  • Whatsapp

Palu, Jaripedenews.Com – Dua pasangan bakal calon Gubernur/Wakil Gubernur Sulawesih Tengah, H Rusdi Mastura – Ma’mun Amir dan Hidayat Lamakarate-Bartholomeus Tandigala kompak mendaftar di hari yang sama, bahkan Bapaslon Hidayat-Bartho bersama tim terpaksa harus menunggu beberapa saat diluar kantor KPU Provinsi Sulawesi Tengah.

Pantauan Jaripedenews.Com, utusan tim Hidayat-Bartho terlihat mondar mandir, mereka melakukan protes pada KPU yang dinilai tidak konsisten dengan waktu yang telah disepakati.

“Ini sudah jam kami, jam 11.00 keatas itu giliran kami, pasangan Hidayat-Bartho. ini sudah jam 14.00, kok belum selesai, jangan ajarkan kami soal regulasi,” tegas utusan tersebut sambil menunjuk jam tangannya.

Beberapa saat kemudian, pasangan Rusdi-Ma’mun bersama ketua tim pemenangan, Nilam Sari Lawira bersama para petinggi partai pengusung meninggalkan aula KPU. Diluar pagar mereka disambut para pendukungnya yang terus berorasi sepanjang proses pendaftaran itu. Tidak ada gesekan antar pendukung. Pasangan Hidayat-Bartho bersama tim akhirnya masuk ke kantor KPU setelah sempat tertahan kurang lebih satu jam diluar.

Berkas dua pasangan calon ini dinyatakan memenuhi syarat oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulteng, yang berjibaku melakukan pemeriksaan secara marathon disaksikan Bawaslu Provinsi Sulawesi Tengah, Sabtu, (5/9).

Rusdi Mastura tiba di kantor KPU Sulteng pada pukul 11.40 menit. Mereka didampingi 10 parpol pengusung.

Sebelum memasuki pintu masuk KPU Sulteng, Rusdi-Ma’mun terlebih dahulu mencuci tangan dengan sabun dan diperiksa suhu tubuhnya oleh petugas KPU.

Hal yang sama juga berlaku bagi ketua tim pemenangan Nilam Sari Lawira dan para petinggi partai pengusung dan partai pendukung termasuk para wartawan yang meliput.

Sembilan partai politik yang mengusung pasangan ini yakni, Nasdem 7 kursi, PKS 4 kursi, PKB 4 kursi, Hanura 2 kursi, Perindo 2 kursi, Golkar 7 kursi, PAN 2, kursi, PPP 1 kursi dan Partai Demokrat 4 kursi. Satu partai lainnya sebagai pendukung yakni Partai Garuda (non seat). Total 10 partai politik dengan 33 kursi dari 9 kursi yang dipersyaratkan.

Usai mendaftar, pasangan Rusdi-Ma’mun didampingi Ketua tim pemenangan Nilam Sari Lawira menggelar jumpa pers di Media Center KPU. Cudy sapaan akrabnya, hanya berkomentar singkat, bahwa dirinya bersyukur telah selesai melakukan pendaftaran dan dinyatakan memenuhi syarat dan telah diterima KPU Sulteng.

“Alhamdulillah berkas kami sudah lolos tidak ada masalah. Semuanya sudah diserahkan ke KPU Sulteng,” singkatnya.

Rusdi-Mastura berharap semuanya berjalan lancar dan tidak ada masalah hingga 9 Desember 2020 mendatang.

Sementara itu sore harinya, pasangan Hidayat Lamakarate-Bartholomeus Tandigala juga mendatangi KPU Sulawesi Tengah untuk mendaftat. Dari hasil verifikasi dokumen pencaolonan, pasangan ini dinyatakan memenuhi syarat atau MS.

Hidayat-Bartho diusung Gerindra dan PDI Perjuangan dengan jumlah 12 kursi. Pasangan ini juga mendapat dukungan dari partai non seat yaitu Beringin Karya.

“Bagi saya yang penting adalah memenuhi syarat pencalonan,” kata Hidayat usai prosesi pencalonan.

Anggota KPU Provinsi Sulawesi Tengah Sahran Raden mengatakan proses pendaftaran bakal calon Gubernur/Wakil berjalan lancar. Kedua pasangan yang mendaftar dinyatakan memenuhi syarat atau MS. Selanjutnya sejumlah tahapan demi tahapan yang telah diatur dalam PKPU akan dilewati oleh kedua pasangan ini.

Sahran mengaku bersyukur tahapan pendaftaran berjalan lancar, aman sesuai dengan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. (rl)

  • Whatsapp

Pos terkait