Anggota KPU Sulteng Berikan Kuliah Umum di Unsimar Poso

  • Whatsapp

Poso, JariPedeNews.com – Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Tengah, Sahran Raden memberikan kuliah umum di Universitas Sintuwu Maroso (Unsimar), Kamis (23/1/2020).

Kegiatan yang dihadiri oleh 120 peserta terdiri dari mahasiswa, dosen, dan perangkat KPU setempat. Kuliah umum kali ini mengangkat tema “Pemilihan Kepala Daerah Tahun 2020 dan Penguatan Demokrasi Lokal di Indonesia”. Kegiatan dibuka oleh Wakil Rektor IV Unsimar Gitit, IP. Wacana, S.S.,M.Hum.

Bacaan Lainnya

Koordinator Divisi SDM, Sosialisasi dan Partisipasi Masyarakat KPU Sulteng, Sahran Raden memaparkan materi terkait dengan kepemiluan dengan dua hal pokok yang berkaitan dengan demokrasi lokal dan pilkada.

Ia mengungkapkan bahwa demokrasi dan politik sebenarnya merupakan satu subsistem di dalam kajian ilmu politik untuk membahas terkait keilmuan di kampus-kampus yang sebenarnya demokrasi ini sebagai instrumen dari kedaulatan rakyat.

“Makanya di kampus-kampus itu harus diajarkan materi-materi berkaitan dengan politik dan demokrasi serta hukum,” tambahnya.

Pada kegiatan ini diadakan sesi tanya jawab dan forum diskusi antara peserta dengan pemateri. Beberapa pertanyaan terkait pemilu dan demokrasi dilontarkan oleh beberapa mahasiswa dari masing-masing fakultas. Kegiatan ini berlangsung lancar karena terjalin diskusi yang menarik antar mahasiswa dan pemateri. (Irma)

Pos terkait