2020, NasDem Sulteng Fokus Kawal Rehab Rekon

  • Whatsapp
Ketua Dewan Pimpinan Wilayah Partai NasDem Atha Mahmud. (Foto:JariPeDenews.com)

Palu, Metrosulawesi – Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) NasDem Sulawesi Tengah Atha Mahmud menegaskan, selain fokus pada Pilkada 2020, partainya juga akan terus mengawal dan mengawasi penanganan pascabencana gema bumi, tsunami, dan likuefaksi di Kota Palu, Sigi, Donggala, dan Parigi Moutong (Pasigala).

“Fokus NasDem adalah pengawasan rehab rekon pascabencana,” kata Atha Mahmud ditemui disela acara Refleksi Akhir Tahun dan Silaturahmi Partai Nasdem Sulteng di Taman GOR Palu, Sabtu 28 Desember 2019.

Bacaan Lainnya

Menurutnya, masih banyak masalah yang harus diselesaikan pascabencana Pasigala. Oleh karena itu, kata dia, satu tahun ke depan fokus NasDem adalah mengawal langkah-langkah pemerintah dalam rehab rekon agar berjalan sesuai kebutuhan penyintas.

Partai NasDem Sulteng sendiri, sebelumnya telah mengeluarkan enam resolusi untuk percepatan penanganan pasca bencana. Resolusi itu, kata Atha Mahmud, dirumuskan berdasarkan masukan, paparan berbagai pihak, termasuk dari penyintas.

Pertama, pembentukan kaukus mengawal transparansi dan akuntabilitas bantuan anggaran publik/national state (hibah dan APBN) dan penggunaannya. Dua, membangun posko pengaduan bencana di tiap Fraksi NasDem kabupaten/kota, dan provinsi untuk diregistrasi sesuai skala prioritas APBD.

Selanjutnya, resolusi ketiga, mendorong anggaran provinsi, kabupaten/kota yang inklusif berbasis hak-hak dasar penyintas. Empat, melaksanakan dengan konsisten Perda Nomor 2 Tahun 2013 tentang Penyelenggaraan Penanggulangan Bencana. Mendorong instrumen indikator capaian pembangunan kembali berbasis peraturan daerah dalam bentuk indeks pemenuhan hak dan pengurangan risiko bencana.

Lima, mendorong pendidikan berperspektif tangguh bencana baik formal maupun informal. Salah satunya menjadikan pembelajaran tangguh bencana sebagai muatan lokal di tingkat SD, SMP dan SMA. Dan, enam, mendesak kepada Pemerintah Daerah Provinsi Sulawesi Tengah agar penyusunan revisi Raperda Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) yang berperspektif tangguh bencana, transparan dan partisipatif.

NasDem Sulteng juga telah memberikan penguatan peran anggota legislatif terpilih hasil Pileg 2019 yang duduk di DPRD Kota Palu, Sigi, Donggala dan Parigi Moutong serta DPRD Sulteng. Mereka ditugaskan mengawal ketat jalannya rehabilitasi dan rekonstruksi yang diselenggarakan pemerintah.

“Karena suasana kita di Pasigala masih berkaitan dengan bencana. Maka, fokus utama pada pengawasan rehab rekon. Karena kita lihat masih banyak masalah. NasDem juga fokus pada Pilkada 2020,” tegas Atha Mahmud. (*)

Pos terkait