10 Ribu KK di Palu Sudah Terima BST

  • Whatsapp

Palu, Jaripedenews.com – Kepala Kantor Pos Sulawesi Tengah, Jahja AK Tueka mengatakan, penyaluran Bantuan Sosial Tunai (BST) sudah berjalan baik dan maksimal. Khusus di Kota Palu, PT Pos telah menyalurkan BST untuk Mei dan Juni tahun 2020.

Hal itu diungkapkan Jahja dalam diskusi virtual yang diselenggarakan oleh Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Gerakan Muda Nusantara (Gemanusa) Sulteng, Senin (20/7/2020), malam.

“Kantor Pos Palu, telah melakukan penyaluran BST pada bulan Mei sampai dengan bulan Juli 2020 secara berturut-turut yang totalnya sebesar Rp1.800.000 per KK. Bantuan ini dibagikan kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) sebesar Rp600.000 per bulannya,”ujarnya.

Menurut Jahja, untuk Kota Palu jumlah KPM lebih kurang 10.000 KK yang tersebar di semua kecamatan. Dalam melaksanakan tugasnya, Kantor Pos Palu Sulawesi Tengah berkoordinasi dengan Dinas Sosial dalam hal pendataan. Kemudian bekerja sama dengan aparat desa/kelurahan dan aparat keamanan dalam hal distribusi bantuan di lapangan.

Jahja menegaskan, dukungan dari beberapa pihak-pihak terkait seperti unsur pemerintah dan aparat kepolisian serta semangat masyarakat sehingga penyaluran BST maksimal

Jahja mengatakan meskipun penyaluran BST tersebut terkesan mendadak, tetapi PT Pos tidak mengalami kendala dalam penyalurannya. “Kami hanya mitra yang menyalurkan, selama ini tidak ada kendala,” katanya.

Sementara itu, ketua dewan pembina Gemanusa Sulteng Ilyas Umala mengapresiasi adanya BST.  “Kami mengapresiasi adanya kepedulian pemerintah bagi masyarakat miskin yang terdampak Covid dan berharap ke depan bantuan seperti ini lebih efektif, efisien, dan berkelanjutan,” tegasnya.

Dalam diskusi yang mengangkat tema Manfaat Bantuan Sosial Tunai (BST) Terhadap Masyarakat Terdampak Covid 19 di Kota Palu menghadirkan akademisi IAIN Palu, Muhtadin Dg Mustafa, Kepala Seksi Penanganan Fakir Miskin Dinas Sosial Kota Palu, M Sarfan, serta diikuti oleh sejumlah organisasi kepemudaan di Kota Palu. (*)

  • Whatsapp

Pos terkait